Biologi SMA kelas 11 bab 1 SEL

Pengertian SEL
-        Sel merupakan unit terkecil dari kehidupan, karena sel tidak dapat dibagi-bagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil yang dapat berdiri sendiri.
-        Sel merupakan unit/bagian yang menyusun tubuh makhluk hidup, karena jika tidak ada sel tidak akan ada makhluk hidup.
-        Sel adalah pembawa sifat makhluk hidup, karena didalam sel terdapat DNA/RNA yang dapat membawa sifat makhluk hidup.
-        Sel adalah unit struktural & fungsional terkecil dari suatu organisme. Disebut unit strktural karena tubuh makhluk hidup tersusun atas sel-sel sehingga sel disebut unit struktural. Disebut unit fungsional karena tubuh makhluk hidup dapat melaksanakan kehidupan jika sel-sel penyusunnya berfungsi , sehingga sel disebut unit fungsional.
-       Sel merupakan suatu ruang kecil yang dibatasi oleh membran yang didalamnya terdapat cairan (protoplasma)
-      Sel merupakan unit reproduksi makhluk hidup.

Komponen-komponen Kimiawi Sel

Organik

-          Karbohidrat
Karbohidrat disusun oleh unsur C (karbon), H (hidrogen), dan O (oksigen). Karbohidrat merupakan senyawa yang terdapat didalam tubuh dalam jumlah besar. Fungsi utama karbohidrat yaitu sebagai sumber energi, melindungi protein agar tidak dibakar sebagai penghasil enersi, membantu metabolisme lemak dan protein dll.  Karbohidrat dibagi 3 kelompok          :
a.       Monosakarida,
b.      Disakarida,
c.       Polisakarida,

-          Protein
Protein disusun oleh unsur C, H, O dan N. Protein merupakan polipeptida dan biopolimer yang tersusun atas asam amino. Protein berperan sebagai penyusun membran sel dengan bergabung dengan lemak membentuk senyawa lipoprotein. Fungsi yang lain yaitu, membentuk enzim dan ini disebut protein fungsional.

-          Lemak
Lemak disusun oleh unsur C, H, O. Lemak tersusun atas senyawa gliserol dan asam lemak yang merupakan unit dasar penyusun lemak.  Sifat lemak diantaranya tidak larut dalam air, densitas atau kerapatanya lebih rendah dari air, memiliki viskositas atau kekentalan yang tinggi. Contoh lemak yaitu trigliserida, fosfolipid, steroid. Fungsi lemak yaitu penyusun membran sel bersama protein, penyusun kelamin pria seperti testosterem.

-          Asam Nukleat
Merupakan polinukleotida yang terdiri atas DNA dan RNA. Asam nukleat berfungsi sebagai penyimpan informasi genetik sel.

Anorganik

-          Air
Air merupakan senyawa utama dan senyawa dalam jumlah besar. Penyusun sel (50% - 60% berat sel). Air merupakan bagian esensial cairan tubuh yang terdiri dari intrasel (sitoplasma), plasma darah dan cairan ekstraseluler. Air berfungsi sebagai pelarut dan sebagai katalisator relasi-relasi biologis.

-          Vitamin
Vitamin dibutuhkan dalam jumlah kecil, tetapi harus ada. Peran vitamin adalah mempertahankan fungsi metabolisme, pertumbuhan dan penghancur radikal bebas. Contoh vitamin : A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, D, E, K dan H.

-          Mineral
Merupakan unsur-unsur kimia selain karbon, hidrogen, dan oksigen. Mineral ada yang terdapat dalam jumlah besar (makroelemen) seperti : kalsium (Ca), fosfor (P), magnesium (Mg), natrium (Na), Klor (Cl), dan belerang(S). Mineral yang terdapat jumlah sedikit (mikroelemen) seperti : zat besi (Fe), yelium (I), seng (Zn), koballt (Co), fluorin (F). Mineral berfungsi sebagai komponen straktual sel, pemeliharaan fungsi metabolisme, pengatur kerja enzim, menjaga keseimbangan asam dan basa.

Sejarah penemuan sel

                Pada tahun 1665, Robert Hooke mengamati sayatan gabus dari batang quersus suber menggunakan mikroskop yang ditemukan oleh Antonie Van Leeuwenhulk mikroskop berlensa tunggal. Robert Hooke menemukan ruang-ruang kosong yang dibatasi dinding tebal yang istilahnya cellulae artinya sel. Sel yang diamatinya sel gabus yang telah mati.
              
Perkembangan pertemuan sel mendorong persepsi tentang sel. Kemudian teori-teori tentang sel.

a.       Sel merupakan kesatuan atau unit struktural makhluk hidup
Shleiden (1804-1881) dan Theodor Schwan (1810-1882)
b.      Sel sebagai unit pertumbuhan makhluk hidup
Rudolph Virchow (1821-1902), sel berasal dari sel sebelumnya.
c.       Sel merupakan unit fungsional makhluk hidup
Max Schultze (1825-1874), menyatakan protoplasma adalah dasar fisik kehidupan
d.      Sel merupakan unit hereditas makhluk hidup
Watson dan Crick

                Penemuan yang mendukung perkembangan teori sel

1)      Robert Brown (1812)
Menemukan benda kecil terapung dalam cairan sel disebut nukleus
2)      Felix Durjadin (1835)
Beranggapan bahwa bagian terpenting sel adalah sel yang disebut protoplasma
3)      Johanes Purkinye (1787-1869)
Mengajukan istilah protoplasma untuk menamai bahan embrional sel telur.

Sel Prokariotik   :  belum punya membran inti, ukuran 1-10 mm
Sel eukariotik     :  sudah punya membran inti, ukuran 10-100 mm

Penyusun sel/struktur sel secara umum
Secara umum sel terdiri atas membran sel, sitolasma, inti sel, dan organel sel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SITUASI NYATA PEMBELAJARAN DARING DI MASA COVID-19

INILAH SAYA BAGI KELUARGA DAN KONTRIBUSI YANG TELAH SAYA SEDANG, SERTA YANG AKAN SAYA BERIKAN UNTUK INDONESIA - BEASISWA BAZMA PERTAMINA